2 Perkara yang Bakal Jadi Penyelamat Manusia di Hari Akhir

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ
Artinya: \\\”Dan sungguh, (hari) Akhir itu pasti datang, tak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa malahan yang di dalam kubur\\\”.

Percaya akan datangnya akhir zaman adalah bagian dari iman seorang muslim. Sebagaimana dalil mengenai keimanan pada hari akhir zaman banyak disebutkan dalam Al-Qur’an ataupun hadis.

Seluruh amal tindakan, kecil ataupun besar akan judi bola resmi dipertanggungjawabkan di hari akhirat kelak. Sehingga, ibadah menjadi bekal yang amat penting untuk menghadapi yaumul hisab adalah hari perhitungan segala amal tindakan.

Agar kita selamat di hari akhir nanti, setidaknya ada 2 perkara yang seharusnya konsisten dijaga selama hidup di dunia. Apa saja itu? Berikut penjelasannya dikutip dari situs NU Online.

1. Harta
Allah memberi kita rezeki berupa uang, kendaraan, harta, anak, dan masih banyak lainnya. Semuanya bisa membawa diri masuk ke dalam surga, juga bisa menjerumuskan ke neraka, hal itu tergantung kita.

Apabila mahir menjaga dan memanfaatkan karenanya selamatlah. Islam tak melarang umatnya menjadi orang kaya. Asalkan kelak nanti kita bisa menjawab 2 pertanyaan perihal harta.

Ialah dari mana harta hal yang demikian didapat dan bagaimana harta itu diterapkan. Apabila bisa membeberkan keduanya di hadapan Allah SWT karenanya niscaya akan selamat dari siksa.

Menurut Imam Ghazali, ada tiga imbas dari makanan yang haram. Pertama, hatinya gelap dan tak bisa menampung hidayah Allah. Kedua, makanan dari yang haram juga akan membuat organ tubuh orang itu tidak mau bertindak bagus. Dan ketiga, doa orang tak dikabulkan oleh Allah.

2. Zakat
Dalam tiap harta yang kita miliki, ada sedikit yang seharusnya dikeluarkan dan itu adalah kewajiban.

Zakat diharuskan sebagai wujud dan upaya agar harta yang kita miliki memberi manfaat dan bersih sehingga akan bisa menyelamatkan kita di hari kemudian.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *