Menjalani Puasa bersama Tenang, Tips untuk Penderita Maag

Berpuasa bagi penderita maag sebetulnya sanggup menjadi tantangan, dikarenakan pola makan yang tidak teratur atau makanan yang tidak benar sanggup memperburuk suasana mereka.

Namun, bersama lebih dari satu tips dan pengaturan yang tepat, puasa tetap sanggup dijalankan bersama aman dan nyaman.

Berikut lebih dari satu tips berpuasa bagi penderita maag dilansir berasal dari dinkes.acehprov.id:

1. Makan secukupnya selagi sahur dan berbuka

Makan terlampau banyak didalam satu selagi sanggup sebabkan lambung bekerja lebih keras. Hal ini sanggup sebabkan munculnya keluhan, seumpama perut begah dan jadi penuh.

Oleh berasal dari itu, selagi sahur dan berbuka, makanlah bersama perlahan dan didalam kuantitas secukupnya. Hindari makan didalam kuantitas yang banyak didalam satu waktu.

Contohnya, selagi berbuka puasa awali bersama mengkonsumsi makanan yang ringan dahulu, lantas baru dilanjutkan bersama makan besar.

Jika Anda tetap lapar setelah berbuka, seumpama setelah salat tarawih, memadai mengkonsumsi camilan ringan yang sehat, seperti kurma, pisang, granola, atau biskuit.

2. Jangan makan terburu-buru

Selama menekuni ibadah puasa, kadang kemungkinan Anda gates of olympus terlambat bangun selagi sahur. Namun ingat, jangan terburu-buru menghabiskan makanan. Selain itu, menjauhkan makan sembari mengobrol.

Kebiasaan makan terlampau cepat, bahkan sambil mengobrol, sanggup sebabkan banyak udara masuk ke saluran cerna dan sebabkan sakit maag. Jadi, usahakanlah untuk bangun lebih pagi agar sanggup bersantap sahur bersama tenang dan perlahan.

3. Hindari makanan pemicu sakit maag

Sebisa kemungkinan menjauhkan mengkonsumsi makanan yang berpotensi sebabkan sakit maag, baik selagi sahur maupun berbuka, seumpama makanan yang terlampau berlemak, makanan siap saji, seperti sosis dan pizza, acar, dan makanan yang terlampau asam.

Demikian juga bersama minuman, pilihlah minuman yang tidak punya kandungan kafein dan soda untuk menjauhkan munculnya keluhan sakit maag.

4. Pilih menu makan yang tepat
Saat berbuka dan sahur, pilihlah sajian yang sesuai dikonsumsi penderita sakit maag, seperti nasi dan oatmeal.

Jenis karbohidrat yang terdapat didalam makanan ini sanggup kurangi risiko munculnya keluhan maag dikarenakan sanggup menyerap asam lambung berlebih.

Selain itu, konsumsilah daging rendah lemak, seperti dada ayam dan ikan, dan juga buah yang tidak asam, seperti apel, pisang, dan pir. Penderita maag juga direkomendasikan untuk memasak makanan bersama cara dipanggang, dikukus, atau direbus.

5. Hindari tidur setelah makan

Setelah sahur, Anda kemungkinan tetap mengantuk dan menginginkan kembali tidur. Namun, sebaiknya jangan segera tidur setelah makan. Ini dikarenakan segera tidur setelah makan sanggup sebabkan sakit maag.

Namun, seumpama rasa kantuk tidak tertahankan, Anda sanggup tidur bersama posisi setengah duduk. Jadi, posisi kepala dan bahu selamanya lebih tinggi daripada perut.

Caranya adalah bersama menyangga kepala dan bahu bersama tumpukan bantal. Posisi ini sanggup mencegah makanan kembali ke kerongkongan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *