Sejarah Perjalanan Mazda Di Dunia Otomotif

sejarah berdirinya mazda

Contents

Sejarah awal berdirinya Mazda bermula pada tahun 1920-an. Berikut adalah garis waktu singkat sejarah awal mula berdirinya Mazda:

1920: Awal Mula Toyo Cork Kogyo

Pada tahun 1920, Jujiro Matsuda mendirikan sebuah perusahaan bernama Toyo Cork Kogyo Co., Ltd di Hiroshima, Jepang. Awalnya, perusahaan ini fokus pada produksi bahan serat isolasi dan pengembangan teknologi pemrosesan kayu.

1931: Masuk ke Industri Otomotif

Toyo Cork Kogyo memasuki industri otomotif dengan memproduksi truk komersial kecil yang disebut “Mazda-Go.” Nama “Mazda” diambil dari nama dewa Zoroastrianisme, Ahura Mazda, yang melambangkan kebijaksanaan, keintelektualan, dan kebahagiaan.

1934: Perubahan Nama Menjadi Mazda

Pada tahun 1934, Toyo Cork Kogyo mengubah nama perusahaan menjadi Mazda. Perubahan nama ini juga mencerminkan komitmen perusahaan untuk menciptakan produk yang memiliki citra keberanian dan keberhasilan.

1960-an: Rotary Engine

Mazda menjadi terkenal pada tahun 1960-an dengan pengembangan dan pemasaran mesin rotary (piston dorong). Mazda Cosmo Sport 110S, yang diluncurkan pada tahun 1967, menjadi mobil pertama di dunia yang menggunakan mesin rotary.

1970-an: Krisis Energi dan Model RX-7

Selama krisis energi pada tahun 1970-an, Mazda fokus pada efisiensi bahan bakar dan pengembangan mesin rotari yang lebih hemat bahan bakar. Pada tahun 1978, mereka meluncurkan Mazda RX-7, model yang sangat sukses yang membantu memperkenalkan teknologi rotari kepada pasar yang lebih luas.

1980-an: Kerjasama dengan Ford

Pada tahun 1980, Mazda menjalin kemitraan strategis dengan Ford Motor Company, di mana Ford memperoleh sebagian saham Mazda. Kemitraan ini membantu Mazda dalam pengembangan teknologi dan kehadiran globalnya.

1990-an dan Setelahnya: Inovasi dan Ekspansi Global

Pada tahun 1990-an, Mazda terus berinovasi dengan meluncurkan model-model sukses seperti Mazda MX-5 Miata, mobil sport ringan yang menjadi ikon. Perusahaan juga memperluas kehadirannya di pasar global dengan berkolaborasi dengan pabrik dan mitra-manufaktur di berbagai negara.

2010-an dan Setelahnya: SkyActiv dan Mobil Listrik

Pada tahun 2011, Mazda memperkenalkan teknologi SkyActiv, yang mencakup mesin, transmisi, dan platform yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Selain itu, Mazda juga terus mengembangkan teknologi mobil listrik dan kendaraan berbahan bakar alternatif.

Baca Juga : Awal Berdirinya Audi Di Dunia Otomotif Hingga Kini Dan Beberapa Mobil Yang Telah Di Produksi

Mazda telah melewati sejarah yang panjang dan terus berusaha untuk menjadi pemimpin dalam inovasi otomotif. Meskipun perusahaan ini memiliki akar yang kuat di Jepang, kehadirannya di pasar global telah memberinya citra sebagai produsen mobil yang menggabungkan performa, desain yang menarik, dan inovasi teknologi.

Beberapa Produk Yang Telah Dihasilkan Mazda

Mazda telah memproduksi berbagai model mobil sepanjang sejarahnya. Daftar berikut mencakup beberapa produk Mazda yang terkenal dan beberapa model yang telah dihasilkan sepanjang waktu. Perlu dicatat bahwa daftar ini tidak lengkap dan hanya mencakup beberapa model saja:

Mobil Penumpang

  1. Mazda2 (dikenal juga sebagai Demio atau 121 di beberapa pasar)
  2. Mazda3 (dikenal juga sebagai Axela di beberapa pasar)
  3. Mazda6 (dikenal juga sebagai Atenza di beberapa pasar)
  4. Mazda MX-5 Miata
  5. Mazda RX-8
  6. Mazda CX-3
  7. Mazda CX-30
  8. Mazda CX-5
  9. Mazda CX-7
  10. Mazda CX-9

SUV dan Crossover

  1. Mazda Tribute
  2. Mazda Navajo
  3. Mazda Bongo (sebagai model van dan MPV)

Truk dan Pikap

  1. Mazda B-Series (termasuk B2200, B2600)
  2. Mazda BT-50
  3. Mazda Proceed

Kendaraan Listrik dan Hibrid

  1. Mazda MX-30 (mobil listrik)

Mobil Konsep dan Prototipe

  1. Mazda RX-Vision (konsep sport car)
  2. Mazda Vision Coupe (konsep sedan)

Penting untuk diingat bahwa Mazda terus mengembangkan dan memperbarui lini produknya, dan model-model baru mungkin telah diperkenalkan setelah pengetahuan terakhir saya pada Januari 2022. Untuk informasi yang lebih akurat dan terkini, disarankan untuk mengunjungi situs resmi Mazda atau menghubungi dealer resmi Mazda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *